Saturday, March 19, 2011

Psikologi Pendidikan

TES INTELEGENSI

Apakah intelegensi itu ?
Intelegensi adalah keahlian memecahkan masalah dan kemampuan untuk beradaptasi pada, dan belajar dari pengalaman hidup sehari-hari. Jadi seseorang itu dikatakan berintelegensi apabila dia sudah mampu memecahkan suatu masalah dari pembelajaran dan pengalaman hidupnya sehari-hari.
Test Intelegensi adalah salah satu test psikologik yang sampai Sekarang masih dianggap valid . Test ini adalah suatu cara numerik untuk menyatakan taraf intelegensi dengan rumus: 

H. I = Umur Mental  X 100                  H.I = hasil bagi intelegensin/IQ
Umur kalender

Umur mental didapat pada test intelegensi, umur kalender diambil paling tinggi 15 biarpun sebenarnya lebih, karena dengan test intelegensi yang ada Sekarang sukar untuk mengukur perbedaan intelegensi diatas umur 15 tahun
Tes Intelegensi dibagi menjadi dua yaitu, Tes Intelegensi Individual dan Tes Intelegensi Kelompok. Tes Intelegensi individual ini hanya dilakukan oleh satu orang saja, secara khusus. Contoh-contoh tes Intelegensi individual adalah :

-          Tes Binet 

Pada Tes ini Binet mengembangkan konsep mental age ( MA) yakni level perkembangan mental individu yang berkaitan dengan perkembangan lain.

-          Skala Wechsler

Tes ini dikembangkan oleh David Wechsler. Skala Wechsler ini menunjukkan IQ keseluruhan dan juga menunjukkan IQ verbal dan IQ kinerja. Tes ini mencakup Wechsler Preschool and Primary Scale of Intelligence Scale for Children-Revised (WISC-R) untuk anak dan remaja dari usia 6 hingga 16 tahun.

Sumber : Santrock, J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta: Prenada Media Group

No comments: