MODUL METODE KARYAWISATA
KARYA WISATA KE KEBUN STRAWBERRY
ESTER H. TAMPUBOLON (08-054)
1. Topik : Metode Pendidikan Orang Dewasa
2. Jenis Metode : Karyawisata
3. Mata Kuliah : Andragogi
4. Waktu Pelaksanaan : 23 April 2011, pukul 10.00 s/d selesai
I. PENDAHULUAN
Karyawisata adalah media yang penting dalam pendidikan orang dewasa. Kunjungan ini berupa kunjungan yang terencana ke suatu tempat di luar kelas atau ketempat perkumpulan organisasi.
Karyawisata biasanya berhubungan dengan kegiatan mengunjungi beberapa tempat yang menarik dan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada kunjungan lapangan.
Adapun tujuan dari karyawisata ini adalah untuk mengamati situasi, mengamati kegiatan atau praktik, atau membawa kelompok menemui seseorang atau objek yang tidak dapat dibawa ke kelas selam jam pelajaran.
Contohnya saja misalnya karya wisata ke kebun strawberry, kita dapat melihat bagaimana kebun strawberry itu, kita diajarkan dari cara menanam bibitnya, pemberian pupuknya, penyiramannya sampai pada pemetikan hasil panen.
Dalam metode karyawisata ini ada beberapa keuntungan dan kelemahan yang akan kita dapatkan. Ada beberapa kelebihannya adalah :
1. Kunjungan karyawisata memberi kesempatan untuk mengumpulkan pengalaman dan informasi baru
2. Benda-benda dapat diamati dalam bentuk aslinya
3. Minat dan ketelitian pengamatan anggota dapat ditumbuhkan
4. Karyawisata memberi kesempatan kepada peserta untuk menggabungkan sekolah atau kegiatan organisasi dengan kehidupan masyrakat, dll.
Dan kelemahannya adalah :
1. Tidak cocok untuk beberapa bidang permasalahan
2. Mahal ( waktu, uang dan tenaga ), jika karwyawisatanya jauh
3. Memerlukan banyak persiapan
4. Melibatkan orang lain.
II. TUJUAN KUNJUNGAN KE KEBUN STRAWBERI
Tujuan kunjungan ke kebun strawberry adalah untuk melihat cara mengolah tanaman tersebut. Mulai dari pembibitan, penanaman, sampai dengan masa panen tiba. dan juga untuk menambah pengetahuan kita mengenai cara berkebun, khususnya berkebun strawberry. Apalagi dalam kunjungan ini, akan secara langsung ada beberapa metode yang akan dilakukan secara bersamaan, misalnya metode diskusi, demonstrasi, dan pelatihan.
III. KEIKUTSERTAAN DALAM PERENCANAAN
Dalam perencanaan metode karyawisata ini yang ikut berpatisipasi adalah mahasiswa fakultas Psikologi USU yang mengambil mata kuliah Andragogi T.A 2010/2011.
IV. PEMILIHAN TEMPAT TUJUAN
Dalam perencanaan ini, kelompok memilih kebun strawberry sebagai tempat untuk berkaryawisata. Alasannya karena kelompok merasa bahwa dalam kunjungan itu akan mendapatkan pemahaman mengenai cara berkebun strawberry. Dan kebun strawberry yang kami pilih adalah kebun strawberry yang berada di Berastagi.
V. PENGATURAN WAKTU
Kami merencanakan berangkat ke Berastagi pada tanggal 23 april pukul 08.00 WIB.
Di perkirakan sampai di sana pukul 09.30
Tepat pada pukul 10.00 kita akan memulai persiapan-persiapan yang sudah ada.
Pukul 10.00 – 11.00 Metode Karyawisata.
Kita akan mengelilingi kebun strawberry dengan didampingi oleh pemilik kebun. Disini pihak dari pemilik kebun akan menjelaskan semua tentang bagaimana proses dari kebun strawberry tersebut. Jadi kita akan mengetahui semua proses yang ada dalam kebun strawberry tersebut. tepat pada pukul 11.00 WIB akan dilanjutkan oleh metode yang lainnya.
VI. TRANSPORTASI
Kelompok merencanakan keberangkatan ke Berastagi dengan menggunakan dua mobil. Salah satu mobil yang digunakan adalah mobil dari anggota lain, dan satu lagi mobil rental.
VII. BAHAN DAN PERLENGKAPAN
Mungkin pada metode ini yang hanya diperlukan adalah perlengkapan untuk dokumentasi seperti, kamera ataupun handycam yang berguna untuk menyimpan semua apa yang telah dijalani dalam proses metode karyawisata.
VIII. BIAYA
Adapun anggaran biaya yang diperlukan dalam metode Karyawisata ini adalah sebagai berikut :
1. Biaya Transportasi = Rp 250.000
2. Bahan bakar minyak = Rp 100.000
DAFTAR PUSTAKA
Suprijanto. 2005. Pendidikan Orang Dewasa : Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta : PT Bumi Aksara
No comments:
Post a Comment