EVALUASI PADA PENDIDIKAN ORANG DEWASA
Dalam pendidikan orang dewasa, evaluasi merupakan hal yang baru kita ketahui. Namun yang kita lihat disini apakah evaluasi yang kita lakukan dalam pendidikan orang dewasa itu baik atau tidak untuk digunakan. Evaluasi digunakan untuk menunjukkan proses menentukan kekuatan atau nilai pekerjaan mereka. Evaluasi juga adalah suatu cara mengukur hasil dari kegiatan pendidikan.
Evaluasi dapat dibagi 3 berdasarkan tingkat formalitas dan ketepatannya (Morgan, et.al., 1976 dalam buku Suprijanto) :
1. Evaluasi Informal
è penilaian tentang masalah yang sederhana tanpa menggunakan banyak pertimbangan prinsip-prinsip evaluasi
2. Evaluasi Semi Formal
3. Evaluasi Formal atau penelitian ilmiah
è Penilaian yang menggunakan prosedur riset yang canggih
Evaluasi bermanfaat dalam pendidikan orang dewasa, diantaranya menurut Flores, Bueno, dan Lapastora (1983), yaitu untuk :
-Menentukan patokan awal yang dapat dipakai sebagai dasar
perbandingan tindakan baru.
-Menentukan pengarahan kembali (redirection).
-Memberikan kenyamanan pada kita apabila telah dievaluasi
-Meningkatkan kepercayaan diri diantara penerima evaluasi.
Adapun tujuan utama evaluasi adalah :
1.Untuk menentukan seberapa dekat peserta didik secara individual dan keseluruhan kelas telah mencapai tujuan umum yang telah ditentukan
2.Untuk mengukur tingkat perkembangan yang telah dicapai oleh peserta didik dalam waktu tertentu
3.Untuk menentukan efektivitas bahan, metode, dan kegiatan pengajaran
4.Untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi peserta didik, instruktur dan masyarakat.
Sumber : Suprijanto,H. (2007). Pendidikan Orang Dewasa; dari teori hingga aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara
No comments:
Post a Comment