Thursday, December 2, 2010

Perbedaan Ujian secara Konvensional dengan Ujian secara Online


Menurut saya ujian secara online cukup baik dibandingkan dengan ujian secara konvensional (menulis pada lembar jawaban). Kelebihan yang saya temukan pada ujian secara online adalah suasana kelas terasa lebih tenang, lebih dapat berkonsentrasi, dan tidak memakan waktu yang banyak, dan terlebih lagi kita tidak mengotori lahan jawaban kita apabila kita menghapus jawaban yang salah dibandingkan dengan ujian secara konvensional . Akan tetapi ada juga kendala yang kemungkinan dapat terjadi apabila kita menjalankan ujian secara online, yaitu apabila koneksinya tidak dapat berkomproni, dapat dikatakan “lambat loading”, atau apabila koneksi tiba-tiba terputus, dan batrei laptop apabila low, dapat mengganggu kita selama ujian berlangsung.
Akan tetapi saya rasa ujian secara online perlu coba diterapkan. Saya merasa dengan adanya ujian secara online ini yang sebelumnya pengetahuan saya yang terbatas mengenai dunia internet ini, cukup bertambah sejalan dengan adanya penerapan ujian online di mata kuliah Psikologi Belajar ini (akomodasi, Piaget). Contohnya, dari cara mem-postingkan blog, penulisannya, pengetahuan saya makin bertambah. Dan juga Thorndike mengatakan hukum Kesiapan (Lawof Readiness), yang mengharuskan kita selalu siap dengan kendala apapun yang terjadi, dan kita harus bisa menyelesaikan kendala yang ada selama ujian berlangsung. Ini pertama kalinya saya melaksanakan ujian secara online, saya rasa ini cukup menarik. Tidak menghabiskan banyak waktu dan membuat saya lebih focus.

No comments: