Wednesday, December 8, 2010

SOAL TO 2

Dalam Ujian secara online, tidak berbeda dengan pendapat saya yang sebelumnya, menurut saya ujian online seperti ini sangat menyenangkan. Kita dapat lebih dapat berkonsentrasi, dan tidak memakan waktu yang banyak, dan terlebih lagi kita tidak mengotori lahan jawaban kita apabila kita menghapus jawaban yang salah.
Dari pemahaman saya sendiri ada beberapa teori pendekatan mengenai ujian secara online, pertama teori sibernetik dari Pask, yaitu Conversation Theory. Dimana dalam ujian kita ini kita berinteraksi dengan menggunakan “chating”, Dosen memberikan pertanyaan lalu kami menjawab dan apabila ada yang kurang jelas menurut kami, kami dapat bertanya kembali. Dan keuntungan yang didapat memungkinkan kita tidak mengeluarkan suara sehingga tidak menimbulkan keributan di kelas. Sangat menyenangkan, sehingga kita dapat lebih focus terhadap soal yang ada dihadapan kita.
Kedua, adalah Teori Law of Readiness dari Thorndike. Perlu kita ketahui, ada juga beberapa kendala yang kita temukan selama ujian online ini, seperti batre laptop kita habis dan ketika mati lampu, koneksi tiba-tiba terputus, sehingga dapat menghambat kita dalam ujian. Akan tetapi dalam teori Law of Readiness sama dengan “sedia payung sebelum hujan” mengajarkan kita untuk selalu siap dalam keadaan apapun juga, maka kita harus siap dengan kendala-kendala yang telah kita hadapi. Kita semua sudah pasti tahu, akan terjadi kendala-kendala seperti itu, maka dari kita sendiri kita harus sudah mempersiapkan strategi untuk menuntaskan kendala-kendala tersebut.
          Ketiga adalah teori Student-Centered Instruction dari Contructivism, siswa bukan penerima pasif dari sebuah pembelajaran yang telah dirancang untuk mereka. Siswa secara aktif terlibat dalam menentukan apa yang menjadi need mereka dan bagaimana memenuhi need itu. Pada ujian online, disini kita dituntut aktif, dan kita bebas bereksplorasi sesuai dengan pemahaman yang kita punya. Kita pastinya memiliki keinginan untuk mendapatkan yang terbaik untuk kita, juga orang lain disekitas kita. Maka need saya dalam ujian Online ini adalah untuk mendapatkan nilai yang memuaskan bagi saya, dan juga hasil jawaban ujian saya nanti dapat memuaskan siapapun yang membacanya, khusunya Dosen yang memeriksa hasil jawaban saya nanti. Dengan demikian tugas saya sekarang adalah memberikan yang terbaik untuk ujian nanti.
          Lalu yang keempat adalah teori taksonomi yang dikemukakan Krathrowl dan bloom, ada 3 domain dalam belajar salah satunya adalah cognitive domain yang berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan, pengertian, dan keterampilan berpikir. Dalam ujian online ini kita dapat mengeluarkan ketrampilan dan pengetahuan kita yang ada tentang apa yang kita ketahui sebelumnya tentang ujian online, khususnya cara kita memberi jawaban di blog, kita dapat mengeluarkan ide-ide kreatif kita dalam menjawab soal-soal yang diberikan, dalam penulisannya, penggunaan word-nya, dan lain-lain.

2 comments: