Thursday, December 2, 2010

Pendekatan Dengan Teori Belajar


Saya rasa teori belajar yang saya terapkan dalam persiapan ujian online, mungkin sama cara saya belajar saya sebelumnya, yaitu menggunakan teori Piaget, menggunakan asimilasi, akomodasi dan ekuilibrasi. Pertama ada materi yang belum saya pahami sebelumnya, lalu saat berdiskusi teman saya menjelaskan materi yang saya tidak mengerti tersebut. Lalu pemahaman saya pun muncul, walaupun hanya sedikit, tapi apa yang dia jelaskan pada saya cukup saya mengerti, itulah yang dinamakan (asimilasi). Akan tetapi karena menurut saya penjelasan yang diberikan pada teman saya kurang saya dapatkan intinya, maka saya bertanya kepada teman saya yang lain, lalu dia menjelaskan materi tersebut sangat detail (jelas), maka saya pun memahainya, dengan menyeimbangkan pemahaman saya sebelumnya mengenai materi tersebut (equilibrasi). Dan melalui informasi yang baru tersebut saya jadi lebih mengerti dan dapat memahami materi yang tidak begitu saya mengerti sebelumnya (Akomodasi).
Lalu mengeai ujian secara online ini mungkin menurut saya teori sibernetik dari Pask. Yaitu teorinya mengenai Conversation Theory, selama ujian online, karena kami menggunakan program chatting selama ujian berlangsung. Dengan begitu maka terjadilah conversation anatara mahasiswa dan dosen, ketika dosen memberikan soal, dan apabila ada yang ingin kami tanyakan , dosen memperbolehkan mahasiswa bertanya kepdanya. Maka terjadilah pertukaran informasi di dalam chatting tersebut.

                        http://ilmuwanmuda.wordpress.com/piaget-dan-teorinya/

2 comments:

psipddk3sks said...

effort yang baik ester..
dari lay out cukup terkendali dan baik karena ada usaha membuat hypertext.

hanya pada penulisan referensi bisa lebih disempurnakan ya.

ke depan lebih baik ya...

Ester Hotmauli T said...

Trimakasi bu atas sarannya, semoga di TO berikutnya hasil yang saya berikan dapat memuaskan Ibu, teman-teman yang membacanya. :)