teori yang dipaparkan Ausubel juga berdampak positif bagi cara belajar masa kini.
lebih bagus lagi apabila guru yang menerapkan teori ini dalam mengajar.
Mungkin lebih tepatnya teori ini diterapkan guru di sekolah, karena cara pengajaran nya cukup efektif untuk anak sekolah saat ini.
Dalam teori Ausubel, konsep belajar yang paling menonjol adalah Advance Organizer.
Dalam teori Ausubel, konsep belajar yang paling menonjol adalah Advance Organizer.
Advance organizers adalah materi-materi pengenalan yang relevan yang digunakan untuk menjembatani gap antara materi yang telah dipelajari dan apa yang perlu dipelajari sebelum pembelajar dapat mempelajari suatu tugas mereka dengan baik.
Jadi Guru harus memberikan pengenalan terlebih dahulu mengenai suatu pelajaran, agar timbulah pemahaman anak mengenai pelajaran yang akan di pelajari tersebut.
Lalu ada lagi konsep Progressive Differentiation, dimana ide yang paling umum disajikan pertama kali dan kemudian baru secara detail dan lebih spesifik.
Lalu ada lagi konsep Progressive Differentiation, dimana ide yang paling umum disajikan pertama kali dan kemudian baru secara detail dan lebih spesifik.
cotohnya :
Bank
Menawarkan Memiliki
Jasa tertentu banyak personil umum
Tipe pinjaman safety deposit
Account boxes
Personal personal business money
spesifik
kita pertama kali diajarkan dan diberi pengetahuan apa itu BANK secara umum, lalu masuk lebih ke spesifiknya misalnya dalam BANK itu ada pinjaman, laba, safety deposit, dll.
Lalu masuk dalam Consolidation yaitu penguasaan kita terhadap suatu materi.
Nah, untuk memperdalam pengetahuan kita mengenai suatu materi yang telah kita pelajari itu ada baiknya kita mengulang kembali pelajaran itu di rumah, atau kita berdiskusi dengan teman kita membahas pelajaran itu.
SUMBER :
Psychology of learning for instruction by Marcy P. Driscoll
No comments:
Post a Comment