Tuesday, June 14, 2011

UAS Online



Jawaban no.1

Dalam prosedur evaluasi yang dijelaskan oleh Morgan, tepatnya pada langkah pertama yaitu “mengecek tujuan”, dalam evaluasi performa kelompok kami, saya rasa kelompok sudah memenuhi langkah tersebut. Dimana, sebelum kelompok memilih Sushi Tei sebagai tempat menampilkan performa, kelompok membuat tujuan terlebih dahulu. Tujuan kelompok tersebut tak lain adalah untuk mengetahui cara pembuatan masakan jepang guna untuk memberikan keterampilan pada para peserta dalam hal keterampilan di bidang kuliner. Alhasil, dalam prakteknya, peserta dapat membuat masakan jepang berupa sushi, dan jenis makanan lainnya dengan baik. Mengapa saya bilang mereka dapat mengerjakan itu dengan baik, karena disamping itu selama dalam pembuatan sushi tersebut, beberapa orang dari pihak sushi tei membimbing peserta selama pembuatan sushi tersebut, danmereka menyatakan bahwa sushi yang mereka buat tersebut “berhasil”, “good”, itu menyatakan bahwa keterampilanmereka dalam membuat sushi itu baik meskipun mungkin ini pengalaman pertama kalinya dari beberapa peserta membuat sushi. Jadi secara garis besar tujuan dalam performa kelompok sudah terpenuhi.

Jawaban no.2

Pada langkah yang ke tiga dari Morgan, yaitu “Mengumpulkan Bukti”. Dimana dalam langkah ini, sebelum menjalankan performa kelompok memang mencari tahu terlebih dahulu apa saja masakan-masakan Jepang yang sekiranya dapat juga dibuat oleh masyarakat, dalam arti kata lain “gampang” untuk dapat dibuat oleh orang lain. Dan kelompok mencari bukti tersebut di internet, ada banyak macam makanan dan masakan Jepang yang ada dalam internet tersebut. Kelompok juga sebelumnya hanya menebak-nebak saja makanan yang kira-kira mudah dibuat oleh peserta nantinya. Lalu tak hanya mengenai makanannya saja, kelompok juga mencari bukti bahwa apakah restoran Sushi Tei tersebut sudah dikenal banyak orang. Tentu kelompok mencari sumber bukti tersebut, kelompok juga mencari tahu dari internet, bahkan kami mendengar cerita orang-orang dari mulut ke mulut mengenai restoran Sushi Tei, kemungkinan mencapai 70% orang-orang yang mengetahu restoran Sushi Tei itu adalah Restoran ternama. Jadi dari hasil bukti yang telah kelompok cari, maka kelompok berani menetapkan Restoran Sushi Tei sebagai tempat menjalankan performa kami.
Lalu, setelah melaksanakan performa, kelompok juga mengumpulkan bukti-bukti berupa dokumentasi seperti foto-foto untuk membuktikan bahwa kelompok pernah menjalankan performa Karyawisata di Restoran Sushi Tei tersebut. Dan bukti-bukti dokumentasi tersebut di sajikan di dalam laporan evaluasi kelompok karyawisata.

Sumber : Suprijanto, H. (2007). Pendidikan Orang Dewasa; dari teori hingga aplikasi.Jakarta: Bumi Aksara

2 comments:

psipddk3sks said...

Perhatikan laporan evaluasi performa kelompok anda. Berdasarkan prosedur evaluasi menurut Morgan pada langkah 1, apakah kelompok anda telah melakukannya dengan maksimal? Coba jelaskan apa yang sudah anda lakukan bersama kelompok berdasarkan langkah 1 saja.Jika anda belum melakukan dengan maksimal, penjelasan apakah yang dapat anda sampaikan pada kertas ujian ini?

psipddk3sks said...

Jika selanjutnya kita melihat langkah ke 3 prosedur evaluasi menurut Morgan, apakah yang sudah kelompok anda lakukian dengan maksimal? Jika anda baru menyadarinya sekarang, bagaimanakah seharunya laporan evaluasi kelompok anda?