Tuesday, February 22, 2011

Wow di balik layar Upin dan Ipin !!! Amazing !

"WOW" kata pertama yang terlontar dalam pikiran saya. ternyata seperti ini cara kerja pembuatan film Upin Ipin, yang sering kita lihat selama ini di tayangkan di televisi. Sejauh ini, saya memang sudah tau cara-cara pembuatan film kartun seperti ini, tetapi yang saya lihat tidak se-detail ini. Sangat luar biasa, saya sangat kagum dari setiap cara kerja orang-orang yang ada dalam pembuatan film Upin dan Ipin ini. Selama ini kita hanya melihat dan menonton filmnya saja. Ternyata pembuatan film ini tak segampang ketika kita menontonnya. Hahahaha…
Sangatlah luar biasa sekali peran teknologi bagi mereka, mereka benar-benar memanfaatkan seluruh alah teknologi baik mulai dari pembentukan karakter, penyuntingan background, gerak-gerik tokoh, semua tidak lepas dari yang namanya Teknologi. Sungguh luar biasa. Menurut saya memang teknologi sangatlah berperan penting dalam kehidupan kita, tetapi balik lagi kepada individu tersebut, apakah dia dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik dan benar?
Memang mereka cukup membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatan film ini, tapi hasil mereka yang beri sangatlah maksimal, bahkan yang saya lihat tak ada sedikit pun terlihat kejelakan dari film tersebut, semua “pas” !
Saya membaca beberapa artikel tentang pembuatan film Upin-Ipin ini, ada dikatakan “Proses animasi Upin & Ipin (dan juga film Geng) menggunakan perangkat lunak CGI Autodesk Maya. Di sebuah sidang media perangkat lunak animasi pada tahun 2009, Ketua Perancang Las Copaque, Fuad Md. Din memberitahukan, “Salah satu tujuan kami memilih kartun ini adalah karena dibuatnya amat mudah. Lagipula kami sudah berpengalaman membuatnya sebelum ini.” Wah karena mereka sudah terbiasa sehingga mereka mengatakan pembuatan film Upin-Ipin ini mudah bagi mereka, luar biasa sekali. Menurut saya karya mereka ini perlu diacungkan jempol.

No comments: