Friday, October 1, 2010

Sistem Belajar menggunakan teori belajar Operant Conditioning (B.F Skinner)

Teori belajar yang dikembangkan B.F Skinner adalah Operant conditioning.
Teori ini merupakan pendekatang dengan teori behavioristik.
Operant Concitioning atau pengkondisian operan adalah suatu proses penguatan perilaku operan (reinforcement positif atau negatif) yang dapat mengakibatkan perilaku tersebut dapat berulang kembali atau menghilang sesuai dengan keinginan.
Nah, menurut saya cara belajar saya ini persis seperti yang dipaparkan Skinner diatas.
Saya tipe orang yang jika belajar harus diberi penguat, yang pasti berupa penguat yang positif, baik itu penguat yang diberikan orang lain maupun datang dari diri saya sendiri.
Cara belajar saya seperti ini, sudah mulai tertanam sejak saya duduk di bangku SD.
Ayah selalu menjanjikan pada saya akan diberi hadiah apabila saya mendapatkan peringkat yang baik di kelas.
pernah waktu saya duduk dikelas 1 SD, ayah menjanjikan akan membeli sepeda apabila saya dapat meraih peringkat 1 dikelas.
nah, pada saat itu saya sangat tekun belajar, sehingga pada saatnya saya dapat mencapai peringkat 1 di kelas.
Alhasil, Ayah membelikan saya sepeda baru.
begitu lah seterusnya sampai sekarang.
bahkan dikuliah ini, Ayah selalu memotivasi dengan menjanjikan memberikan reward pada saya apabila IP saya naik.
akan tetapi pernah suatu ketika, Ayah telah menjanjikan sesuatu pada saya, dan saya telah memenuhi kewajiban saya. tetapi Ayah saya tidak memenuhi janji yang telah disampaikannya, sehingga itu sangat membuat saya kecewa.
dan otomatis itu membuat saya seketika jadi malas dengan janji yang diberikan Ayah kepada saya.
saai itu juga, semester berikutnya nilai saya menurun drastis, karena saya merasa dikecewakan oleh Ayah.
Akan tetapi saya mendapat peringatan dari dosen pembimbing saya, dia memotivasi dan berjanji memberikan reward apabila saya dapat meningkatkan hasil belajar saya.
saya mendapatkan sesuatu yang baru, tidak dari Ayah lagi, tetapi dari orang yang baru, dan dengan reward yang baru.
Sudah jelas cara belajar yang cukup efektif khususnya bagi diri saya adalah dengan teori belajar Operant Conditioning dari B.F Skinner.
Motivasi saya akan muncul pabila mendapat reward atau reinforcement positif yang diberikan kepada saya.
Sekian dan Terimakasih :) :)

SUMBER :
Hergenhahn, B.R & Olson, M.H. 2008. Theories of Learning (Teori Belajar). edisi ke-7. Jakarta : Kencana Prenada Mulia

No comments: