Wednesday, May 25, 2011

Simulasi UAS Online


Jawaban soal 1.

Menurut saya prinsip evaluasi yang kelompok telah lakukan adalah :

-        Mempunyai tujuan yang pasti

Dalam tugas kelompok yang telah kami kerjakan ini, kelompok sudah memiliki targetatau tujuan yang pasti dalam tugas ini. Kelompok menggunakan metode Karyawisata, dan tujuan kami dalam metode ini adalah memberi pengetahuan baru kepada peserta Karyawisata tentang masakan Jepang, dan juga menambah wawasan peserta mengenai masakan Jepang.

-      Bukti tentang perubahan dalam diri individu

Dalam tugas kelompok ini, saya mendapatkan banyak pelajaran yang berharga. Terutama yang berkaitan dengan kinerja kelompok. Saya mendapatkan pelajaran untuk selalu bekerja sama, bersedia mendengarkan masukan orang lain, dan terutama komunikasi yang menjadi dasar berjalannya kerjasama dalam kelompok. Yang sebelumnya saya kurang respect dengan masukan-masukan orang lain, tapi sekarang saya belajar darisemua it, ternyata tidak semua masukan-masukan dari kelompok itu tidak berguna, malah ini semakin membangun saya, dan menambah lagi pengetahuan saya.

-      Menggunakan tujuan perilaku yang terjangkau dan pasti

Dalam kelompok ini juga kami sebelumnya telah menentukan tujuan performansi atau perilaku. Dimana dalam kelompok kami, tujuan performansi kamiadalah mengajak peserta untuk ikut serta dalam kegiatan karyawisata ini.

-      Evaluasi harus berkesiambungan

Kelompok meberikan evaluasi kepada setiap peserta karyawisata. Tujunannya untuk mendapatkan feedback baik daripeserta maupun pengajar mata kuliah Andragogi ini. Agar,  apabila ada kekurangan dalam performakelompok dapat member pelajaran kepada kelompok untuk kedepannya.


Jawaban soal no. 2

Prosedur yang kelompok gunakan dalam metode Karyawisata adalah Prosedur Evaluasi menurut Morgan, et al. (1976).

-      Mengecek tujuan

Sebelum melakukan observasi dalam metode karyawisata ini, kelompok menentukan  terlebih dahulu apa tujuan dalam keryawisata ke Sushi Tei tersebut.

-      Memeriksa apa yang dilakukan untuk mencapai tujuan

Tujuan kelompok dalam berkaryawisata ke Sushi Tei ini adalah untuk lebih mengetahui masakan-masakan Jepang. Maka yang kelompok lakukan adalah melakukan kunjungan karyawisata ke restoran Jepang, yang umumnya menyediakan masakan-masakan Jepang.

-      Mengumpulkan Bukti

Sebelumnya, kelompok mengumpulkan beberapa bukti mengenai masakan-masakan Jepang yagada di Indonesia ini, dengan cara mencari informasi dari Internet, mencari sumber-sumber tentangmasakan Jepang dari majalah, dan lain-lain.

-      Menentukan Sumber Bukti

Dalam metode karya wisata ini, sampel yang kami pakai untuk menentukan sumber bukti mengenai masakan Jepang ini adaah beberapa karyawan/pekerja yang bekerja di Sushi Tei. Mereka memberikan informasi-informasi mengenai masakan-masakan apa saja yang merekan sediakan di restoran Jepang tersebut.

-      Menentukan alat untuk memperoleh bukti

Alat yang kelompok gunakan dalam kunjungan karyawisata ini adalah catatan dan kamera, dimana kami mencatat seluruh informasi-informasi yang pihak Sushi Tei berikan kepada kami. Kamera kami jadikan untuk mengambil bukti-bukti bentuk-bentuk masakan Jepang tersbut, dan mengambil foto-foto untuk dijadikan dokumentasi.

-      Menganalisis Bukti

Dalam observasi kami ini, kami tidak menggunakan analisis statistik. Kami hanya memberikan lembar evaluasi kepada peserta karyawisata guna untuk menilai hasil kinerja kami.

-      Menggunakan hasil

Hasil yang telah didapatkan dalam karyawisata ini, kami jadikan laporan untuk tugas postingan Andragogi di blog kami masing-masing.


Sumber : Suprijanto, H. (2007). Pendidikan Orang Dewasa; dari teori hingga aplikasi.Jakarta: Bumi Aksara

2 comments:

psipddk3sks said...

Coba jelaskan, berdasarkan evaluasi konerja kelompok anda, prinsip mana saja yang telah anda lakukan?

psipddk3sks said...

Prosedur evaluasi seperti apakah yang anda lakukan bersama kelompok sehubungan dengan evaluasi performa kelompok anda?