Wednesday, April 13, 2011

Psikologi Pendidikan

1.      Mengapa ketika anak yang berkebutuhan khusus diberikan pendidikan seperti IEP?

-          IEP ( Individualized Education Plan ) adalah sebuah program yang memberikan pelayanan dan pengajaran efektif kepada individu yang dibukukan secara teratur sesuai kebutuhan spesifik anak bagi anak – anak dengan kebutuhan khusus. Pada IEP ini, bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan akademik si anak saja, melainkan pada setiap anak berkebutuhan khusus akan diberikan berbagai macam materi-materi pembelajaran yang dapat membantu mereka mengasah kemampuan diri dan juga kemampuan non akademik yang telah terstruktur rapi yang telah dirangkum dalam program IEP.

2.      Apa keuntungan dari anak-anak yang sesungguhnya normal mau belajar dengan anak-anak yang berkebutuhan khusus?

-          Menurut saya, keuntungan yang didapat dari anak-anak normal yang digabungkan dengan anak-anak berkebutuhan khusus adalah mereka dapat belajar untuk saling memahami, menerima, dan membantu teman-teman mereka yang punya beragam kekhususan itu. Menurut saya itu adalah keuntungan yang didapatkan mereka, sambil membantu mengajarkan kepada tman-temannya yang berkebutuhan khusus itu juga dapat mengasah kembali kemampuan kognitif mereka. Dan dari situ juga didapat bahwa anak normal juga dapat belajar untuk memahami, menerima serta menghargai orang-orang berkebutuhan khusus untuk kedepannya, itu bekal mereka juga untuk dimasa yang akan datang, apabia mereka bertemu dengan orang-orang yang berkebutuhan khusus mereka sudah bisa memaklumi, bahkan mau menerima mereka.

SUMBER : Santrock., J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Prenada Media Group

No comments: