Monday, February 14, 2011

Psikologi Pendidikan

Pandangan mengenai blog dan email dalam Psikologi Pendidikan

Ester Hotmauli T (08-054)

Teknologi merupakan penerapan (aplikasi) dari sains yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mempercepat pencapaian tujuan dari setiap kegiatan yang akan dilakukan.
Pada era teknologi sekarang ini paradigma pembelajaran telah bergeser dari pembelajaran tradisional menuju pembelajaran berbasis perkembangan teknologi. . Pembelajaran yang dimaksudkan disini bukan hanya belajar dengan papan tulis dan si pengajar Cuma berceramah saja di depan kelas se,mentara siswanya Cuma mendengar dan mencatat.
Dengan semakin berkembangnya teknologi mempengaruhi proses belajar mengajar di dunia pendidikan. Teknologi memberikan kemudahan baik bagi pengajar maupun peserta didik dalam mengakses informasi pembelajaran.
Teknologi ini tidak hanya terpaku pada proses belajar secara e-learning akan tetapi proses belajar secara tatap muka (face to face) juga bisa dianggap sebagai pemanfaatan dari teknologi tergantung dari alat maupun fasilitas yang digunakan. Teknologi dapat berupa teknologi cetak, teknologi audio-visual, teknologi berbasis komputer, teknologi terpadu.
     Maka untuk menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat dan dinamis namun terkdang sulit diprediksi tersebut, maka peserta didik perlu dipersiapkan agar memiliki keterampilan yang dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan adanya blog dan email yang diperkenalkan kepada kami mahasiswa maka kehadirannya sangat membantu dalam proses pembelajaran  yakni dalam hal mengumpulkan tugas dan semacamnya kami juga bisa lebih “update” dengan apa saja yang harus dikerjakan tanpa harus bertemu dosen pengajar terlebih dengan menggunakan email atau blog kami para mahasiswa dituntut untuk bisa menggunakan teknologi emacam inni dan menguasai penggunaannya.  Dengan kata lain kami dituntut untuk melek teknologi yang mana penggunaaannya merupakan kecakapan hidup yang harus dimiliki oleh peserta didik sama pentingnya dengan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung ataupun bekerja dalam kelompok khususnya pada era teknologi seperti ini.
Dengan adanya blog seperti ini kita juga diajarkan untuk berpikir kritis, dan kita bebas untuk mengpresikan keinginan kita dalam mengembangkan cara-cara kita untuk menulis di blog tersebut.Dengan begitu kita juga dapat meningkatkan kreativitas yang ada pada diri kita.

No comments: