Sunday, February 13, 2011

PSIKOLOGI PENDIDIKAN

PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Teknologi adalah tema penting dalam pendidikan. Kita tahu dunia kita saat ini sudah semakin canggih. Semua kalangan sudah memiliki berbagai fasilitasi teknologi. Kita juga tau bahwa kita tumbuh di dunia yang jauh berbeda dengan dimasa orangtua atau kakek nenek kita dahulu. Namun sekarang, apabila kita ingin masuk didunia kerja kita dituntut untuk menjadikan teknologi sebagai bagian dari pengetahuan kita. Teknologi dalam pendidikan mencakup setiap kemungkinan sarana (alat) yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi dalam pendidikan dan latihan. Ellington (1989) menyatakan bahwa teknologi dalam pendidikan pada dasarnya adalah apa yang oleh teknologi pendidikan dipopulerkan dengan nama alat bantu pandang dengar.

Tidak hanya dilingkungan perguruan tinggi saja, zaman sekarang sekolah-sekolah baik di desa sampai perkotaan telah mengaplikasikan pelajaran TIK sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah mereka. Teknologi telah menjadi bagian dari sekolah selama beberapa decade, tetapi teknologi masih dipakai secara sederhana dan berubah dengan lamban. Namun, kini teknologi berubah secara dramatis.

Psikologi pendidikan juga berperan dalam hal ini. Psikologi pendidikan juga mengajarkan individu untuk belajar menggunakan teknologi. Salah satu contohnya, pada mata kuliah Psikologi Pendidikan di kampus saya, mahasiswa diwajibkan memiliki blog yang digunakan untuk mengumpul tugas. tujuannya adalah untuk membuat mahasiswa itu berpikir kritis, dapat mengembangkan kreativitasnya serta bebas berekspresi dalam menulis di blog tersebut. Dengan begini, yang sebelumnya mereka tidak mengetahui apa itu blog menjadi membuat mereka tahu dan pengetahuan mereka tentang penggunaan teknologi pun semakin maju.
Dengan demikian kita tahu bahwa teknologi sangatlah berperan penting dalam dunia pendidikan di zaman 
sekarang ini.


sumber : Santrock, John W. EDUCATIONAL PSYCHOLOGY, 2nd Edition. Kencana 

No comments: