Wednesday, November 3, 2010

PASK DAN LANDA


Lev N. Landa

Belajar menurut Landa adalah pengolahan informasi, sehingga guru yang baik adalah guru yang tahu persis informasi dari materi yang akan dibahas, tahu sistem berpikir dari pembelajar dan tahu caranya “mengklopkan” system informasi materi dengan sistem berpikir pembelajar itu. 

     Dua macam proses berpikir menurut Landa
     - Proses berpikir Algoritmik,yaitu proses berpikir yang sistematis, tahap demi tahap, linier, konvergen, lurus menuju satu target tujuan tertentu.
Contoh : kegiatan menelpon, menjalankan mesin mobil.

- Cara berpikir Heuristic adalah cara berpikir divergen, menuju ke beberapa target tujuan sekaligus.
Contoh : operasi pemilihan atribut geometri, penemuan cara-cara pemecahan masalah.

Gordon Pask

Teori Pask yang paling terkenal adalah Conversation Theory. Teori ini berdasarkan pada kerangka sibernetik dan mencoba untuk menjelaskan proses belajar yang terjadi antara makhluk hidup dan mesin.

Ada 4 Kategori Conversation :
  • Monolog
  • Dialogue  
  • Dialectic 
  •  Construction 
 Salah satu metode Pask adalah tutorial conversation, dimana metode belajar berbentuk diskusi dan strategi belajarnya dipilih berdasarkan kesepakatan antara guru dan siswa. Pada metode ini, proses belajar lebih kepada give and take. Conversational instruction memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dalam membuat keputusan. Siswa bisa bertanya, berkomentar dan menekuni bidang yang menjadi minatnya.

5 comments:

calvina said...

Ester, kayaknya resumenya kurang referensi deh. :)

Trus sebenarnya agak susah dibaca juga isi blognya. Mungkin backgroundnya terkesan terlalu ramai gitu.

Terima Kasih.

Calvina (08-065)

08.092lfp@gmail.com said...

Ester, sebaiknya kategori conversation itu diberi penjelasan secara singkat agar orang awam lain yang membacanya tahu apa itu monolog, dialog, dialectic dan construction.

Terima kasih.

Laura (08-092)

Marisa said...

Marisa (08-039)
Ester, di setiap postingan Ester,saya lihat font dan warnanya berbeda-beda. Mungkin memang kreatif, namun sebaiknya Ester juga mempertimbangkan kenyamanan pembaca saat membaca blognya Ester.
Untuk resume Pask dan Landa ini, mungkin ada baiknya bila Ester menjelaskan dengan lebih detail mengenai teori mereka. Dengan begitu, orang lain juga bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap.
Makasih Ester :D

Winda said...

Ester, menurut Winda, ester bisa mempertahankan background ini akan tetapi sebaiknya warna fontnya diubah dimana hal ini akan memudahkan teman-teman yang lain dan juga ester dalam membacanya.
Mengenai contoh berpikir algoritmik dan heuristik, menurut winda ester bisa memberi contoh yang nyata (berkaitan dengan pengalaman sehari-hari)agar lebih mudah dipahami. Terima Kasih.

Ester Hotmauli T said...

calvina : wah terimakasih calvina, iya memang untuk teori ini saya kurang banyak menggunakan refrensi lain. untuk kedepannya saya akan mencari sumber lebih banyak :)

ayu : wah iya saya lupa mencamtumkan garis besar teorinya. terimakasih :)

Laura : diterima laura akan saya lebih perjelas lagi :)

marisa : iya marisa, tadinya saya ingin membuat hasil karya saya ini menarik untuk dilihat orang. akan saya lebih pertimbangkan lagi ya warna-warna yang akan saya pilih. Terimakasih :)

winda : mendengar comennt dari winda, saya sudah mengganti backgroundnya :) Terimakasih :)